Kajian dengan Tema "Nuzulul Qur'an"

Written by HMI CABANG PURWOREJO on Selasa, 16 Agustus 2011 at 20.05

Purworejo (17/08/11) HMI Cabang Purworejo menggelar kajian memperingati nuzulul qur'an di sekretariat HMI Purworejo, kemarin (16/08/11). Hadir sebagai pembicara Akhina Hartoko Susanto, Mahasiswa STAINU Purworejo. Beliau mengatakan bahwa Nuzulul Qur'an adalah turunnya Al Qur'an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi Muhammad SAW. meskipun sebenarnya mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara' bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo' ).
Meskipun demikian hal itu tidak perlu diperdebatkan, yang penting paling tidak kita mengetahui bahwa wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. wahyu yang pertama adalah Surat Al Alaq ayat 1-5.
Sementara itu menurut Akh Deni, Nuzulul Qur'an dan hari kemerdekaan RI adalah untuk
diperingati bukan untuk dirayakan. Memperingati yaitu Mengkaji dan merefleksikannya kedalam kehidupan sekarang, sedangkan merayakan identik dengan pesta dan hura-hura. Surat Al Alaq yang pada ayat pertama berbunyi bacalah, seharusnya kita refleksikan kepada kita untuk senantiasa membaca. Membaca disini bukan hanya berarti membaca Al Qur'an secara tekstual, akan tetapi kita juga harus membaca fakta-fakta sosial yang ada disekitar kita. Sebagaimana kita ketahui, meskipun Indonesia sudah 66 tahun merdeka, akan tetapi kemiskinan, korupsi, dan konflik politik masih sangat memprihatinkan. Ini menjadi tantangan generasi muda sebagai Agent of Change. Minimal generasi muda dapat menyuarakan kebenaran, meskipun hanya lewat diskusi ataupun tulisan.
Acara ini berakhir dengan ditandainya bedug maghrib, kemudian dilanjutkan dengan acara buka bersama. Buka bersama dengan hasil masakan kader merupakan saalah satu perkaderan yang efektf untuk memupuk kebersamaan dan militansi kader untuk makan seadanya.

0 Responses to "Kajian dengan Tema "Nuzulul Qur'an""

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogger news


Make Widget

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.